Monday 12 October 2015

Lihat Bagaimana Agama Zoroaster Memperlakukan Jenazah. Mengerikan!




komentar | baca - tulis komentar

zoroaster

Ada banyak cara dalam memperlakukan jenazah, mulai dari dikafani dan dikubur secara normalnya orang Islam, ada yang dimasukkan peti dan kemudian dikubur, ada juga yang dibakar hingga menjadi abu dan ada juga yang dibalsam atau diawetkan. Namun bagi para penganut agama ini, orang meninggal tidaklah diperlakukan seperti yang sudah disebutkan diatas, melainkan dibiarkan saja hingga habis dimakan burung pemakan bangkai!

Banyak yang mengomentari mengenai tradisi ini, mereka mengatakan kalau ini sama sekali tidak menghormati orang yang sudah meninggal, tapi ini benar benar dilakukan oleh penganut agama ini di Mumbai, India. Dan tempat ‘pemakaman’ mereka adalah Dakhma atau Tower of Silence atau Menara Ketenangan atau Menara Kesunyian.

dakhma
Source : Boombastis

Ritual kematian ini dilakukan oleh para penganut agama Zoroastrian, salah satu agama tertua di dunia yang ebrasal dari India.

Agama Zoroastrian ini berasal dari Nabi Zoroaster, agama ini sudah ada sejak abad ke 6. Tidak ada yang berbeda dengan agama agama lainnya karena bertujuan untuk mendekatkan diri kepada sang Maha Kuasa dan menghormati unsur api karena dianggap suci.

zoroastrian
Source : Boombastis

Menurut agama Zoroaster, hal hal buruk yang dilakukan oleh manusia semasa hidup dianggap dapat mencemari kemurniam bumi, air, api dan udara. Oleh karena itu saat penganut agama ini meninggal, mereka tidak akan dimakamkan dan sebagai gantinya mereka menyediakan Dakhma sebagai tempat persemayaman terakhir.

Di dalam Dakhma atau Tower of Silence ini, tubuh orang yang sudah meninggal akan diletakkan, tujuannya supaya sifat sifat buruk yang ada di dalam diri manusia bisa secepatnya menghilang. Biasanya burung burung pemakan bangkai atau yang dikenal dengan burung Nasar terlihat menunggu di tempat ini. Apabila jasad sudah habis dimakan oleh burung, maka tulang belulang sisanya akan diletakkan ke bagian tengah dakhma.

Mayat-yang-sudah-dimakan-burung-dimasukkan-ke-dalam-Dakhma
Source : Boombastis

Ritual ini masih ada hingga sekarang dan dinyatakan sebagai ritual yang paling mengerikan. Namun bagi para penganut Zoroastrian, inilah yang terbaik bagi bumi, menghindarkan bumi dari sifat sifat buruk manusia yang pernah menaungi manusia semasa hidupnya.

Keyakinan mengenai sebuah agama dan kepercayaan sebenarnya sangat banyak di dunia ini, salah satunya adalah Zoroastrian ini. Walaupun mereka memiliki ritual yang sangat mengerikan, tapi ritual mereka ini ternyata untuk melindungi Bumi dari sifat sifat buruk dalam diri manusia.

Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...