Monday 12 October 2015

Model Seragam SMA dari Masa ke Masa, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?




komentar | baca - tulis komentar

Gak ada yang bisa memungkiri kalau jaman SMA adalah masa yang paling indah dalam hidup. Masa dimana kita akan banyak belajar tentang hidup, teman, dan cinta. Meskipun teman pasti sudah kita dapatkan di masa SD hingga SMA, tapi teman-teman SMA pasti jauh lebih istimewa. Kita sedang sama-sama menyelam dan meraba-raba tentang kehidupan, jadi akan banyak pengalaman indah dan seru yang akan dinikmati bersama.
Di masa SMA kita juga akan pertama kali mengenal yang namanya lawan jenis alias mulai nyoba-nyoba pacaran. Meskipun anak jaman sekarang udah kenal pacaran jauh lebih dini, tapi di era kita dulu, pacaran yang “beneran” itu baru dimulai di masa SMA. Pacaran yang serius maksutnya, gak cuma cinta monyet aja.

Di masa SMA kita juga akan pertama kali mengenal yang namanya lawan jenis alias mulai nyoba-nyoba pacaran. Meskipun anak jaman sekarang udah kenal pacaran jauh lebih dini, tapi di era kita dulu, pacaran yang “beneran” itu baru dimulai di masa SMA. Pacaran yang serius maksutnya, gak cuma cinta monyet aja.

Kita mulai pergi bareng sama pacar sampai mulai nyoba jadi pacar yang baik dengan mendekati adik atau ortu dari sang pacar.

Kita seolah-olah udah masuk ke masa PDKT ala orang dewasa, padahal sebenernya sih masih jauh banget. Itulah indahnya SMA, kita yang berada di dalamnya udah ngerasa dewasa dan paham banget tentang segala hal. Padahal kalau ngintip lagi ke masa itu, kok jadi kliatan cupu banget ya?

Nah, selain mulai mengenal pacar dan temen-temen yang seru, jaman SMA pun akan terlihat unik dengan seragam yang kita miliki. Seragam SMA yang kita pakai dulu tentu berbeda dengan seragam yang dipakai oleh ortu kita di era 70an. Dan akan berbeda juga dengan model seragam yang dipakai sama adik-adik kita yang saat ini masih SMA.

Meskipun judulnya masih sama-masa putih abu-abu, tapi gaya seragam SMA itu tetap beda dan cukup menunjukkan taste dari masing-masing jaman lho! Gak percaya? Intip dulu yuk 6 model seragam SMA yang ada di Indonesia ini.

1. Seragam jadoel ala 70an

70an
Masih inget seragam era 70an ini? Warna seragamnya gak putih item lho, ini cuma efek kamera aja dimana waktu itu belum ada kamera berwarna canggih macem sekarang.

Jadi wajar aja kalau seragam era 70an ini identik dengan warna hitam putihnya yang khas. Model seragamnya juga masih jadoel banget, dengan atasan yang kedodoran sampai siku. Udah gitu, mereka pun menggunakan ikat pinggang yang membuat kesan cupu makin tampak.

Bagi anak-anak era 70an pada waktu itu, seragam model ini udah keren banget lho. Ditambah dengan dandanan rambut ngembang buat cewek plus kumis tebal buat cowok yang hits banget saat itu.

2. Seragam vintage ala 80an

80an
Baju ala vintage alias retro emang identik banget dengan era 80an, sampai-sampai kita pun sempat menjadikannya tren di era 2010an. Dan baju era 80an ini pun diangkat dari model seragam SMA mereka di era itu.

Baju agak kedodoran yang dimasukkan ke rok atau celana dengan tambahan sabuk berukuran besar. Kesan rapi pun sangat tampak dari seragam ini. Kalau dilihat dari modelnya gak terlalu beda jauh dengan era 70an, tapi dilihat dari foto diatas, seragam SMA era 80an emang terlihat lebih modern karena foto-foto jaman itu udah berwarna.

3. Seragam rapi ala 90an

90an
Nah memasuki era 90an ini (mungkin kita baru aja lahir ya!), seragam SMA udah mengalami sedikit perubahan. Meskipun masih sama-sama gombrong bagian atas, tapi era 90an lebih menekankan pada kerapihan dan kelengkapan dalam berpakaian. Misalnya penambahan atribut ikat pinggang dan juga topi yang dipakai sehari-hari saat sekolah.

Pemilihan sepatu hitam dan kaos kaki putih juga turut melengkapi model seragam SMA kebanggaan mereka di masa itu. Intinya seragam SMA-nya rapi banget deh! Kalo masih penasaran juga kayak apa model seragam era 90an, coba deh tonton lagi film Lupus yang ngegambarin banget remaja SMA di era tersebut.

4. Seragam AADC ala 2000an (eh kok mulai ketat?)

aadc
Memasuki era tahun 2000 awal, seragam SMA di Indonesia mulai terkontaminasi beberapa pengaruh dari luar, salah satunya adalah pengaruh dari film AADC yang booming banget dan jadi andalan para pelajar dan remaja yang hidup di era 2000an.

Udah gak ada lagi baju atau rok yang kedodoran, justru sebaliknya seragam SMA pun mulai mengetat. Atasan baju model Cinta dan kawan-kawan pun mulai muncul di sekolah-sekolah SMA Jakarta, bahkan kota-kota lain pun ikut mengikuti.

Mereka mulai merasa nyaman dan pede dengan baju ketat dan rok yang agak tinggi diatas lutut. Dan pastinya, kaos kaki panjang yang sering dipakai tokoh Cinta di AADC juga mulai digemari oleh para pelajar cewek. Untuk cowoknya, mereka mengandalkan seragam SMA tokoh Rangga yang sedikit santai dan cuek dalam mengenakan seragam. Selamat tinggal baju rapi..

5. Seragam gaul ala era 2010

2010
Setelah era seragam AADC udah mulai mereda di kalangan pelajar (meskipun tentu saja masih ada beberapa yang mengikuti), muncullah model seragam baru yang hits di era 2010. Seragam ini cukup gaul namun tak terlalu berlebihan sehingga cukup masuk dan cocok untuk dipakai ke sekolah. Artinya, guru-guru pun gak terlalu banyak yang protes dengan model seragam ini.
Seragam agak ketat namun rapi menjadi kebanggaan para pelajar di era ini. Sebenarnya konsep rapi yang dianut hampir mirip dengan seragam era 90an, bedanya mereka tak lagi menggunakan kemeja kedodoran lagi, namun sudah diganti dengan kemeja yang ngepres di badan.

6. Seragam sinetron ala masa kini

sinteron
Dan terakhir adalah seragam masa kini, dimana model seragam tersebut udah terkontaminasi oleh berbagai sinetron yang mulai lalu lalang dan melintas di pertelevisian Indonesia. Karena beberapa tahun terakhir sampai hari ini banyak sinteron remaja bertema SMA yang lalu lalang di tv, alhasil banyak pelajar SMA yang mengikuti gaya seragamnya.
Misalnya, mereka menggunakan kemeja lengan pendek yang dipadukan dengan rok panjang lipit, rok super ketat diatas lutut, rok kotak-kotak, sampai ada juga sekolah-sekolah yang mulai mewajibkan siswanya untuk memakai cardigan ala film-film Jepang. Keren kan?

Nah itu dia beberapa wajah seragam SMA yang ada di Indonesia. Selalu berubah dari waktu ke waktu mengikuti jaman yang ada. Entah gimana model seragam SMA anak cucu kita puluhan tahun mendatang. Yang jelas, akan selalu berbeda dan memberikan warna tersendiri bagi dunia SMA yang penuh dinamika dan warna.




Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...