Wednesday 21 October 2015

Di Australia Tiba-tiba Muncul Lubang Sangat Besar! Pertanda Kiamat?




komentar | baca - tulis komentar

lubang besar

Kiamat pasti tiba. Tapi entah kapan hal itu akan terjadi. sekitar tengah malam, tiba-tiba sebuah mobil, karavan dan trailer kemping dan tenda tertelan lubang runtuhan dengan seketika. Untungnya, dalam kejadian ini tidak ada satupun korban yang jatuh ke lubang yang berdiameter lebih dari 150 meter. Padahal, kejadian ini terjadi di pusat perkemahan terkenal di  Inskip Point, Queensland, Australia.


Berdasarkan kesaksian peserta perkemahan, Casey Hughes, mengaku dirinya mendengar suara seperti guntur besar ketika hal itu terjadi. Sementara saksi mata lainnya yang mengaku hanya berjarak 200 meter dari lokasi lubang runtuhan itu mendengar suara bising seperti badai.


Saat kejadian itu terjadi suasana benar-benar mencekam. Seakan-akan kiamat sedang melanda. Salah seorang wanita berlari sambil menjerit-jerit dan menggedor-gedor kendaraan yang terparkir di sana, menyuruh penghuninya keluar.


Hal ini bukan tanpa alasan, semua orang yang ada di tempat kejadian melarikan diri begitu menyadari kalau pasir yang mereka injak dengan cepat menghilang masuk ke laut. Entah apa yang ada di benak pikiran mereka, yang mereka lakukan hanya bisa berlari dan menjerit-jerit.


Layanan Taman dan Satwa Liar Queensland (QPWS) mengatakan lubang runtuhan (sinkhole) seluas 150 meter itu memiliki kedalaman sekitar tiga meter dan memakan sebagian besar dari perkemahan MV Beagle.


Hingga saat ini lokasi tersebut ditutup untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Menurut pihak QPWS, sekitar 140 orang telah dievakuasi terkait kejadian ini.
Dalam menangani fenomena ini, Pihak QPWS meminta pakar geoteknik untuk menyediakan penilaian terhadap kondisi di kawasan itu.


Berikut TKP:
1007192Sinkhole780x390 via kompas.com


Sinkhole atau lubang runtuhan merupakan fenomena yang terjadi di kerak bumi, fenomena alam ini dapat muncul secara tiba-tiba maupun perlahan. Biasanya, munculnya Sinkhole disebabkan karena hilangnya lapisan bantalan batuan yang berada di bawah tanah. Umumnya ini  terjadi karena pengikisan air tanah. Sinkhole memiliki ukuran yang bervariasi. Ada yang hanya berdiameter satu meter, namun ada pula yang sampai mencapai ratusan meter. Kedalaman sinkhole pun juga bervariasi, tergantung dari jenis tanah dan batuan di atasnya.


Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...