Friday 9 October 2015

Agar Rengginang Empuk dan Gurih, Begini Cara Membuat dan Teknik Menggorengnya




komentar | baca - tulis komentar

Agar Rengginang Empuk dan Gurih, Begini Cara Membuat dan Teknik Menggorengnya

Rengginang enak dijadikan cemilan, maupun teman makan. Tapi kadang karena salah dalam proses pembuatan maupun menggoreng, rengginang jadi kurang renyah. Berikut cara membuat rengginang renyah dan awet. Rengginang adalah kudapan tradisional Indonesia, yang dimatangkan dengan cara digoreng sehingga rasanya renyah.

Ada trik-trik tertentu untuk menghasilkan rengginang yang enak, yang tiap butirannya tidak keras. Inilah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuatnya. Bahan Utama Bahan utama rengginang adalah ketan. Pilih ketan yang berkualitas, yaitu yang tidak bau dan utuh butirannya. Ketan yang butirannya panjang lebih baik lagi. Ketan yang digunakan bisa ketan putih, hitam, atau campuran putih dan hitam.

Bahan lainnya adalah bumbu yang ingin tambahkan. Misalnya, kalau ingin rengginang terasi, tambahkan terasi. Kalau suka pedas, tambahkan cabai. Pengadonan Membuat rengginang sebenarnya mudah sekali. Hanya tinggal dikukus sebentar ketannya, lalu ditambahkan air dan bumbu-bumbu, kemudian diaron dan dikukus kembali hingga benar-benar matang.

Nah, kunci membuat rengginang yang renyah terletak pada cara mengukus dan mengaronnya. Pergunakan api kecil saja saat mengkus dan mengaron rengginang agar matangnya rata.  Membentuk Rengginang
Bentuk dan jemur rengginang di atas tampah yang benar-benar bersih. Gunakan garpu yang sudah dioles minyak supaya ketan tidak menempel di garpu. Jangan mencetaknya terlalu rapat supaya waktu digoreng merekah. Jemur rengginang sampai kering, jangan lupa membalik-balik supaya keringnya sempurna.

Menyimpan Rengginang. Rengginang yang sudah kering tidak harus langsung digoreng. Simpan dalam toples kering tertutup rapat atau kaleng bersih yang penutupnya rapat, jika belum mau digoreng.
Menggoreng Rengginang. Gunakan minyak banyak dan panas untuk menggoreng rengginang. Siram-siram rengginang dengan minyak selama digoreng supaya ketan mekar.

Ketan yang tidak mekar sempurna, akan keras jadinya. Jika sudah matang, jangan langsung masukkan rengginang ke dalam toples. Tiriskan dulu di atas peniris sampai minyaknya habis. Kalau sudah tiris, taruh rengginang di atas kertas, untuk menghilangkan uap panas dan sisa-sisa minyak. Menyimpan Rengginang Matang Rengginang matang harus disimpan di dalam toples kering dan berpenutup rapat. Sebab kalau tidak, rengginang akan mudah lempam. (MM/ SAA)


Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...