Saturday 15 August 2015

Karyawan Pabrik di India Tewas oleh Robot




komentar | baca - tulis komentar

Karyawan Pabrik di India Tewas oleh Robot

Seorang karyawan perusahaan mesin mobil di India tewas terbunuh robot di tempat kerjanya,
Batangan besi di lengan menusuk tubuh Ramji Lal (24). Tampaknya ia berada terlalu dekat dengan robot itu saat hendak membetulkan letak lempeng besi.

Ramji Lal yang berasal dari Unnao, Uttar Pradesh bekerja di unit pengelasan di SKH Metals, yang terletak di kawasan Industrial Model Township (IMT) Manesar. Ia bergabung dengan perusahaan ini sejak satu tahun setengah lalu. Di bagian tersebut saat kecelakaan terjadi ada sekitar 63 karyawan dan 39 robot yang bekerja.

"Robot itu telah diprogram untuk menempa lempeng metal yang diangkatnya. Satu lembar tidak melekat dan Lal meraihnya dari belakang bermaksud untuk membetulkan posisinya. Saat itulah batangan alat penempa yang ada pada robot itu menusuk perut Lal," cerita rekan kerja.
Rekan yang lain mengatakan jika Lal mendekati robot itu dari depan dan tidak berusaha untuk membetulkan lembaran besi itu, kecelakaan mungkin tidak akan terjadi.

Kuldeep Janghu, sekretaris umum Maruti Udyog Kamgar Union, menjelaskan pada Times of India, kecelakaan terjadi karena kelalaian manajemen. Tak ada upaya untuk membuat robot itu anti kecelakaan. Kami ingin kompensasi dan penyelidikan terhadap insiden ini," katanya menambahkan bahwa persatuan pekerja itu menuntut prosedur keamanan diterapkan pada seluruh robot.

Investigasi awal menunjukkan korban terlalu dekat dengan robot dan terjebak. Lengan robot menembus perutnya sehingga dia tewas di tempat. "Kami melihat di CCTV dan mengumpulkan informasi dari pekerja dan perusahaan," kata petugas polisi.

Kecelakaan fatal terkait robot termasuk jarang terjadi karena tempat kerja terpisah untuk menghindari kontak dengan manusia. Pada 29 Juni lalu seorang pekerja pabrik Volkswagen di Jerman juga tewas setelah robot merenggutnya dan menghempaskannya ke lempengan besi.


Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...