Thursday 13 August 2015

Diare Dapat Disembuhkan Lewat Cara Baru… Meminum Feses Cair




komentar | baca - tulis komentar


drink feces to stop diarrhea
Apa jadinya ya, kalau ternyata minum feses adalah cara supaya bisa sembuh? Tentu pilihan berada di tangan kita. Terus, emangnya penyakit apa yang mengharuskan kita minum feses cair?

Clostridium difficle adalah spesies bakteri penyebab diare. C.difficile adalah hasil akibat infeksi pada usus besar setelah gut flora dihancurkan dengan antibiotik. Karena efek samping dari cefepime atau antibiotik yang dipakai oleh pasien, c.diffile sangat mungkin tercipta.

Para ilmuwan mengembangkan banyak penelitian untuk memerangi bakteri ini termasuk dengan cara paling gila sekalipun: para pasien diminta untuk minum feses cairnya sendiri!

Kejadian ini terjadi di laboratorium Public Health England, Heartlands Hospital di Birmingham. Laboratorium ini menjadi tempat penampungan feses terbesar untuk bisa melakukan penelitian tersebut.  Bentuk fesesnya yang seperti kopi mungkin membuat pasiennya nggak sadar kali, ya.

Para ilmuwan mengklaim, kesuksesan obat feses cair ini bisa mencapai sukses hingga 90% dibanding dengan antibiotik yang sudah pernah diujicoba sebelumnya. Lebih dari 20 orang dengan Clostridium difficile, atau penderita super bug dari West Midlands terselamatkan oleh obat aneh ini. Bahkan obat tersebut sudah dikirim dari Birmingham ke Stoke-on-Trent dan Cambridge untuk disebarluaskan.

_84405732_de37 source: bbc.co.uk

Profesor Peter Hawkey dari Birmingham University, bagian Immunity and Infection mengatakan bahwa sepertiga dari para pasien bisa meninggal karena c.difficile. Pasien pertama yang ditangani oleh timnya sudah berada di rumah sakit selama 100 hari. Selama 24 jam pertama, pasien yang meminum obat sudah bisa berjalan di sekitar bangsal. Sejak saat itulah mereka berhasil menyembuhkan lebih dari 60 pasien.

_84405735_de27 source: bbc.co.uk

Hidup sehat selalu memang jauh lebih baik daripada terkena penyakit apa pun. Yang suka artikel ini, jangan lupa share, ya.



Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...