Tuesday 11 August 2015

Astaga! Kontraktor Apartemen Ini Lupa Membangun Lift




komentar | baca - tulis komentar

Astaga! Kontraktor Apartemen Ini Lupa Membangun Lift

Ada-ada saja kesalahan yang dilakukan kontraktor ini. Pembangunan gedung apartemen bernama InTempo di tepi pantai Benidorm, Spanyol lupa menyertakan elevator atau lift di dalamnya, padahal bangunan sudah hampir rampung. 

Bangunan pencakar langit tersebut dibangun setinggi 200 meter yang terdiri dari 47 lantai. Bangunan InTempo bahkan disebut sebagai simbol kebangkitan perekonomian Spanyol setelah dilanda krisis moneter. 

Namun, ironisnya pembangunannya tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Kontraktornya lupa membangun lift yang menghubungkan seluruh lantai. Ini tentu sangat aneh, tetapi nyata. 

Padahal lift sangat dibutuhkan oleh para penghuni apartemen agar bisa naik-turun dengan lancar. Mengingat tidak mungkin jika penghuni harus naik-turun dengan tangga darurat. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

 Kronologis Bangun Apartemen Tanpa Lift

1. Kronologis Bangun Apartemen Tanpa Lift

Kontraktor ternyata baru menyadari kelalaiannya beberapa bulan sebelum proyek ini selesai. Sebenarnya, bangunan tersebut awalnya hanya 20 lantai dan sudah dibangun lift. Akan tetapi, karena ambisi pengembang, maka ketinggian ditambah lagi menjadi 47 lantai dan naasnya lift yang dibangun tersebut runtuh pada 2011 dan melukai belasan pekerjanya.


Ketika menyadari kesalahannya itu, sayangnya sudah tidak ada lagi ruang untuk membangun dan menempatkan mesin-mesin lift. Ini tentu merupakan kekacauan pembangunan yang konyol. Mungkin ini terjadi akibat kurangnya koordinasi yang baik setelah arsitek mengundurkan diri dan upah kontraktor yang sempat tidak dibayar selama beberapa bulan pada 2010.

Krisis Eropa Kacaukan Proyek Infrastruktur

2. Krisis Eropa Kacaukan Proyek Infrastruktur

Krisis yang melanda Eropa pada 2008 lalu memang mengacaukan berbagai proyek infrastruktur. Tetapi pembangunan gedung InTempo yang tanpa lift ini bisa dibilang sebagai kasus yang konyol dan menjadi pembelajaran bagi pengembang dan kontraktor.

Sanggahan Developer Atas Pemberitaan Apartemen Tanpa Lift

3. Sanggahan Developer Atas Pemberitaan Apartemen Tanpa Lift

Pemberitaan oleh satu media di Spanyol melaporkan bahwa menara hunian tersebut, tidak dilengkapi dengan elevator di dalamnya langsung menyebar secara viral ke seluruh dunia dan pihak pengembang InTempo pun langsung memberikan pernyataan resmi bahwa itu pemberitaan hoax.

Penampakan Foto Lift


4. Penampakan Foto Lift

Pihak pengembang InTempo mengundang reporter ke proyek tersebut untuk memotret lift tersebut secara langsung.


Terlihat di gambar, lift sedang berada di lantai puncak apartemen lantai 45.






5. Koleksi Foto InTempo, Gedung Residental Tertinggi Di Eropa

Apartemen InTempo adalah gedung residental tertinggi di Eropa karya arsitektur Perez Guerra and Olcina and Raduan yang mengundurkan diri di tengah proyek.











Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...