Wednesday 28 October 2015

Beginilah Ketika Imam Masjid Nabawi Tiba-tiba Hentikan Salat




komentar | baca - tulis komentar


Video yang merekam detik-detik imam Masjid Nabawi membatalkan salat maghrib mengundang perhatian jutaan netizen di jejaring media sosial.

Sebenarnya, video yang diabadikan media Arab, haramainrecordings, itu, terjadi beberapa tahun silam. Namun hingga kini masih hot dibahas dan ramai disebar di Youtube dan di Facebook.
Entah untuk pembelajaran atau karena keunikannya.

Seperti yang diunggah netizen Abbudi Abdulwarits, sudah dilihat jutaan kali dan menuai beragam komentar.
Tidak sedikit yang menanyakan, mengapa sampai itu terjadi? dan apa yang harus dilakukan jika kondisi ini terulang?

"Sedikit yang saya tau, jika imam telah batal dalam sholat maka orang yang berada satu syaf dibelakangnya maju mengantikannya menjadi imam. Ada dua hal yang sy tau:
1. Apa bila saat takbir pada rakaat pertama dan belum membaca alfatiha, maka tidak ada masalah jika ia mengatakan saya batal. 
2. Jika sudah melewati rukuk dan imam batal, maka dianjurkan orang yg berada di syaf pertama maju untuk menggantikan ( apa bila si makmum merasa pantas untuk menjadi imam ) karena bacaan yg kurang hafal atau kefasihan dalam membaca surah al qur'an. Ya itu salah satu sebabnya makmum yang dibelakang imam tidak maju untuk menggantikannya, karena makmum yg dibelakangnya belum mampu untuk mengganti menjadi imam, Sesungguhnya tidak ada keraguan sedikitpun dalam agama allah, lebih baik video ini dihapus agar tidak terjadi selisih paham antar sesama. Wallahu'alam ... Trima kasih," tulis  Muh Waizu
Kalau si imam tersebut memang kondisinya gak punya wuduk akibat lupa maka harus membatalkan solatnya, akan tetapi jika imam tersebut memang kondisinya punya wuduk kemudian batal di pertengahan atau setelah takbirotul ihram, maka imam tersebut tdk boleh membatalkan makmum dan wajib menggantikan imam dari salah satu makmumnya untuk melanjutkan sholatnya... 
di vidio ini bisa jadi syaikh itu kondisinya gak punya wuduk karena lupa, pas udah takbir ingat kalau wuduk saya batal tadinya cuman lupa gak wuduk lagi, dan beliau langsung jadi imam, pas setelah takbir baru beliau ingat kalau beliau tdk punya wuduk maka wajib dibatalin semua makmumnya........ begituuuuu kitabnya gak usah tinggi2, lihat fiqih jus 1 sampai 6 di pelajaran ibtida iyyah," tulis Hary Arifin. 

Menurut haramainrecordings, saat membatalkan salat, sang imam mengatakan: tunggu sebenatar.



Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...