Thursday 30 July 2015

PERNAH LUPA JUMLAH RAKAAT SAAT SALAT? BEGINI ADAB MENYEMPURNAKANNYA.




komentar | baca - tulis komentar

Mengimami Salat Rasulullah Pernah Lupa Rakaat, Maka Inilah yang Terjadi

Lupa jumlah rakaat ketika kita tengah salat, juga pernah sekali dialami Rasulullah SAW . Ketika itu Beliau tengah menjadi imam salat wajib empat rakaat pada siang hari. “Sebagian ulama ada yang menyebutkan itu Salat Zuhur adapula menyebut Salat Asar, yang pasti siang hari dan empat rakaat,” ujar Ustad Riza Rahman Lc, ulama di Banjarmasin ketika memberikan tausiah di hadapan jamaah Salat Isya di Masjid Al Jihad Banjarmasin.

Waktu itu, Rasulullah hanya salat dua rakaat kemudian salam. Usai berdoa Beliau pun meninggalkan jamaah. Satu sahabat mengejar kemudian menanyakan kenapa salat empat rakaat hanya dilakukan dua rakaat. Koreksi ini dibenarkan sahabat yang lain. Rasulullah kemudian kembali memimpin salat dua rakaat, setelah salam beliau melanjutkan sujud lagi, duduk kemudian kembali salam.
“Itulah awal adanya sujud sahwi, sujud untuk menyempurnakan kita lupa rakaat ketika salat,” ujar ulama ini.

Menurutnya, Rasulullah hanya sekali lupa, tepatnya dilupakan Allah, karena ada hikmah luar biasa di balik itu yaitu pembelajaran tentang sujud sahwi. “Seandainya tidak dilupakan Allah tentu kita tidak memiliki petunjuk apa yang harus dilakukan ketika lupa jumlah rakaat salat. Padahal itu sangat sering terjadi pada kita manusia yang dhoif ini,” jelas Ustad Riza Rahman


Sumber :

KOTAK KOMENTAR

ARTIKEL TERKAIT

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...